Borneo Adventure
Barcode Scanner

Jembatan Suramadu Bukan Terpanjang Di Asia Tenggara

Jembatan Suramadu di kala malam hari

Jembatan Suramadu di kala malam hari

Beberapa kali saya membaca berita bahwa jembatan kebanggaan rakyat Indonesia umumnya dan Warga Madura juga Surabaya dan Jatim Khususnya itu merupakan jembatan yang terpanjang di Asia Tenggara. Berikut kutipan dari sebuah Media Yaitu Sinar Harapan:

Selasa 09. of Juni 2009 15:28

90 Persen Dibiayai Bank Ekspor Impor China
Jembatan Suramadu, Terpanjang di Asia Tenggara

Bila tidak ada aral melintang, Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang menghubungkan Kota Surabaya, Pulau Jawa, dengan Bangkalan, di Pulau Madura, diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Rabu (10/6) besok. Jembatan ini merupakan sebuah prestasi monumental karena ia bukan saja jembatan terpanjang di Indonesia, tetapi juga di Asia Tenggara (5,4 kilometer), membentang di atas Selat Madura.

saya jadi berpikir ah masa iya sih, seringkali pengungkapan ke superioran kita terkesan dibesar besarkan “Majas Hiperbola” beberapa waktu lalu juga ada pemberitaan misal, lokalisasi Dolly (Surabaya) itu terbesar di Asia Tenggara, padahal apa yang survey itu dah blusukan ke semua lokalisasi di tanah air juga ke Thailand sono yang terkenal dengan wisata seks nya.

Jembatan Pulau Penang 13 Km Lebih

Jembatan Pulau Penang 13 Km Lebih

Terus kalau tidak terpanjang di Asia Tenggara lalu jembatan mana dong yang terpanjang?  sepengetahuan saya kalau untuk kelas Asia Tenggara sih saat ini masih di pegang rekor nya oleh jembatan Pulau Penang (Penang Bridge).
Kalau Jembatan  Suramadu panjangnya 5,4 Km maka jembatan pulau Penang ini panjangnya 13.5 km (8.4 miles) di buat 14 September 1985, menghubungkan semenanjung Malaysia dengan Pulau Penang.

Di sebuah situspun saya sempat melihat kalau jembatan Pulau Penang ini di klaim oleh situs wisata Malaysia sebagai Jembatan terpanjang di Asia, padahal masih ada jembatan lainnya yang lebih panjang di daerah Cina. Lagi lagi majas hiperbola atau melebih lebihkan digunakan untuk membanggakan secara lokal wilayahnya.

Jembatan Donghai, terpanjang di Asia 32 Km lebih

Jembatan Donghai, terpanjang di Asia 32 Km lebih

Di Cina ada sebuah jembatan yang sangat panjang sekali namanya jembatan Donghai dimana panjangnya 32.5 kilometres (20.2 miles) wow jauh sekali yah, capek banget tentunya kalo jalan kaki he he he

Walaupun menurut saya Jembatan Suramadu bukanlah yang terpanjang di Asia Tenggara, namun hanya terpanjang di Indonesia kita patut bangga paling tidak kita punya harapan agar jembatan itu bisa membawa dampak positif bagi masyarakat terutama di Pulau Madura yang selama ini mengandalkan kapal ferry untuk bisa menyeberang ke Pulau Jawa. Dari sisi biaya menyeberang kan lebih murah cuma Rp 30.000.- untuk roda 4 yang mana bila menggunakan ferry mencapai Rp 70.000.- dengan demikian diharapkan bisa lebih memacu pertumbuhan ekonomi yang positif di kawasan tersebut.

Kita juga berharap mudah mudahan di masa mendatang kita bisa punya jembatan yang menghubungkan pulau pulau lain di Indonesia seperti pulau Sumatra dan Jawa, Jawa dan Bali dan lainnya.



Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita TerkiniRuang Hatiku

Toko Barcode

Comment using your Facebook