Borneo Adventure
Barcode Scanner

Tips Memilih Kamera Digital SLR

Salah Satu Merek Kamera Digital SLR

Salah Satu Merek Kamera Digital SLR

SIAPA, sih, yang tak ingin mempunyai kamera DSLR? Selain teknologinya yang jauh di atas kamera saku, banyak orang yang merasa lebih pede dan gaya, jika menggunakan kamera digital SLR.

Tapi, harus diingat, lo, meski vendor sudah mempermudah penggunaan menu kamera DSLR, tetap saja lebih mudah menggunakan kamera saku biasa, ketimbang kamera DSLR.

Masih banyak orang yang berpikir bahwa buku petunjuk bisa menolong mereka dalam mempergunakan kamera DSLR, namun tetap saja banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam membeli kamera jenis ini. Karenanya, jika Anda berencana membeli kamera DSLR, perhatikanlah beberapa poin berikut.  Harapannya, agar Anda tidak menyesal di kemudian hari.

Pertama, sesuaikan kebutuhan. Mengingat harga kamera DSLR yang cukup mahal, jangan sembarangan membeli kamera jenis ini. Jangan sampai Anda membeli kamera DSLR hanya karena ingin bergaya tanpa mengetahui sama sekali cara pengoperasiannya. Mubazir, bukan?

Kedua, lihat support atas produk tersebut. Misalnya, berapa lama garansi yang diberikan vendor, lalu apakah garansi tersebut berlaku di Indonesia saja atau berlaku secara global.

Hampir semua vendor memberikan garansi produk mereka selama satu tahun dan garansi komponen selama dua tahun. Di luar itu, Anda harus menanggung sendiri biaya perbaikan jika kamera digital mengalami kerusakan.

Nikon, Salah satu pilihan SLR Camera

Nikon, Salah satu pilihan SLR Camera

Yang tak kalah penting juga soal garansi global. Ada beberapa distributor yang memang menjalin kerjasama global. Misalnya, saat kita sedang berada di luar negeri dan kamera yang kita bawa rusak. Selama vendor tersebut mempunyai jaringan di negara yang bersangkutan, garansi kamera masih berlaku.

Hal seperti itu tidak berlaku untuk distributor dengan garansi lokal. Jadi, meskipun kamera masih bergaransi, tetap saja pemiliknya harus membayar ongkos perbaikan.

Ketiga, pilihlah produk yang jelas. Sekarang ini banyak vendor yang mengeluarkan kamera digital SLR. Tentu saja Anda harus memilih vendor yang sudah punya pengalaman, serta jaringan purna jual yang luas.

Keempat, adalah soal teknologi. Anda harus memperhatikan, seberapa jauh vendor tersebut akan meng-update teknologi dari produk mereka. Semakin canggih, tentu saja kita akan semakin puas terhadap produk mereka. Jangan lupakan juga, seberapa banyak pilihan lensa kameranya. Maklum, ada vendor yang mempunyai banyak pilihan, ada pula yang sedikit.

Nah, satu hal yang pasti, jangan sampai Anda tergiur dengan kamera DSLR yang murah namun tak berkualitas. Banyak pengguna pemula yang terjebak dengan hal ini. Sekarang Anda tak perlu bingung lagi jika akan membeli kamera yang mana. Silakan tentukan pilihan. *Sumber: Kontan

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Teknologi

Toko Barcode

Comment using your Facebook