Borneo Adventure
Barcode Scanner

Inilah Makna Hari Valentine di Dunia Nyata

Kira kira berapa banyak sih dari kita yang mengerti sejarah asal muasal tanggal 14 Februari dijadikan sebagai peringatan Valentine’s Day?  Jangan hanya latah ikutan pokoknya kalau tanggal 14 Februari musti berikan kembang ke pasangan, atau berikan coklat atau lainnya. Sebelum lebih jauh kita  simak dulu sejarah Valentine Day sebenarnya

SEJARAH VALENTINE:

Perayaan Kesuburan bulan Februari

Asosiasi pertengahan bulan Februari dengan cinta dan kesuburan sudah ada sejak dahulu kala. Menurut tarikh kalender Athena kuno, periode antara pertengahan Januari dengan pertengahan Februari adalah bulan Gamelion, yang dipersembahkan kepada pernikahan suci Dewa Zeus dan Hera.

Di Roma kuno, 15 Februari adalah hari raya Lupercalia, sebuah perayaan Lupercus, dewa kesuburan, yang dilambangkan setengah telanjang dan berpakaian kulit kambing. Sebagai bagian dari ritual penyucian, para pendeta Lupercus meyembahkan korban kambing kepada sang dewa dan kemudian setelah minum anggur, mereka akan lari-lari di jejalanan kota Roma sembari membawa potongan-potongan kulit domba dan menyentuh siapa pun yang mereka jumpai. Terutama wanita-wanita muda akan maju secara sukarela karena percaya bahwa dengan itu mereka akan dikarunia kesuburan dan bisa melahirkan dengan mudah.

Hari Raya Gereja

Menurut Ensiklopedi Katolik (Catholic Encyclopaedia 1908), nama Valentinus paling tidak bisa merujuk tiga martir atau santo (orang suci) yang berbeda:

* seorang pastur di Roma
* seorang uskup Interamna (modern Terni)
* seorang martir di provinsi Romawi Africa.

Koneksi antara ketiga martir ini dengan hari raya cinta romantis tidak jelas. Bahkan Paus Gelasius I, pada tahun 496, menyatakan bahwa sebenarnya tidak ada yang diketahui mengenai martir-martir ini namun hari 14 Februari ditetapkan sebagai hari raya peringatan santo Valentinus. Ada yang mengatakan bahwa Paus Gelasius I sengaja menetapkan hal ini untuk mengungguli hari raya Lupercalia yang dirayakan pada tanggal 15 Februari.

Sisa-sisa kerangka yang digali dari makam Santo Hyppolytus dia Via Tibertinus dekat Roma, diidentifikasikan sebagai jenazah St. Valentinus. Kemudian ditaruh dalam sebuah peti emas dan dikirim ke gereja Whitefriar Street Carmelite Church di Dublin, Irlandia. Jenazah ini telah diberikan kepada mereka oleh Paus Gregorius XVI pada 1836. Banyak wisatawan sekarang yang berziarah ke gereja ini pada hari Valentine, di mana peti emas diarak-arak dalam sebuah prosesi khusyuk dan dibawa ke sebuah altar tinggi. Pada hari itu sebuah misa khusus diadakan dan dipersembahkan kepada para muda-mudi dan mereka yang sedang menjalin hubungan cinta.

Hari raya ini dihapus dari kalender gerejawi pada tahun 1969 sebagai bagian dari sebuah usaha yang lebih luas untuk menghapus santo-santa yang asal-muasalnya bisa dipertanyakan dan hanya berbasis legenda saja. Namun pesta ini masih dirayakan pada paroki-paroki tertentu.

Valentinius

Guru ilmu Agnostisisme yang berpengaruh Valentinius, adalah seorang calon uskup Roma pada tahun 143. Dalam ajarannya, tempat tidur pelaminan memiliki tempat yang utama dalam versi Cinta Kasih Kristianinya. Penekanannya ini jauh berbeda dengan konsep… dalam agama Kristen yang umum. Stephan A. Hoeller, seorang pakar, menyatakan pendapatnya tentang Valentinius mengenai hal ini: “Selain sakramen permandian, penguatan, ekaristi, imamat dan perminyakan, aliran gnosis Valentinius juga secara prominen menekankan dua sakramen agung dan misterius yang dipanggil “penebusan dosa” (apolytrosis) dan “tempat pelaminan”…” Sumber: Wikipedia

Lalu berabad abad kemudian nun jauh di wilayah yang bernama Nusantara, juga 14 Februari banyak diperingati oleh banyak kaum muda mudi sebagai moment kasih sayang (dalam tanda kutip) karena kasih sayang yang sesungguhnya sangatlah luas maknanya.

Apakah makna tanggal 14 Februari saat ini disekitar kita:

  • Bagi para pedagang toko dan industri perdagangan, tanggal 14 Februari mereka mengambil keuntungan dengan mengemas momen Valentine Day meraup penjualan lebih dari beberapa produknya seperti coklat, kartu ucapan, boneka yang bertuliskan I Love You dan pernak pernik pink cinta lainnya.

    Barang dagangan yang berbau Valentine's laris manis

    Barang dagangan yang berbau Valentine's laris manis

  • Bagi para pedagang bunga segar dan imitasi saat sekaranglah momen yang mereka tunggu tunggu karena bunga bunga itu tidak hanya laris manis dibeli pembeli namun juga dibeli para pedagang bunga dadakan yang menjajakan bunga bunga mawar merah dengan hiasan ucapan Valentine di sepanjang jalan protokol kota dan tempat tempat strategis lainnya.

    Penjaja bunga valentine dadakan banyak bertebaran di sepanjang jalan utama kota

    Penjaja bunga valentine dadakan banyak bertebaran di sepanjang jalan utama kota

  • Bagi para pedagang obat dan Apotek pun juga kecipratan panen Valentine Day juga, loh memang hari kasih sayang banyak yang sakit? bukan itu, penjualan kondom menjelang Valentine hingga hari H nya mengalami lonjakan yang sangat besar, waduh kenapa?
    Kondom pun ikut laris manis di hari Valentine's day

    Kondom pun ikut laris manis di hari Valentine's day

    PEKANBARU (RiauInfo) – Pada malam Valentine Day beberapa waktu lalu, kondom merupakan komoditi yang aling digemari. Buktinya alat kontrasepsi yang dapat dibeli secara bebas ini laku keras di Pekanbaru. Ini membuktikan betapa telah rusaknya moral pada sebagian kalangan anak muda di kota ini. (Riau Info.com)

    Bagi sebagian orang valentine day atau hari kasih sayang kerap diidentikkan dengan berhubungan seks. Di Semarang, Jawa Tengah, tingkat penjualan alat kontrasepsi di beberapa apotek dan toko asesoris seks, laris manis.  Tony (46) salah satu pemilik toko asesoris seks, “Amoy” di Jalan Kusumawardani Raya mengaku ada peningkatan penjualan alat kontrasepsi. “Kebanyakan kondom dan pil KB. Kami menjual berbagai macam jenis kondom dari luar negeri. Mulai yang beraroma aneka rasa sampai yang bergerigi,” katanya kepada okezone, Sabtu (14/2/2009).

    Tak cuma alat “pengaman”, lanjut Tony, banyak pelanggan yang memesan obat kuat. “Mungkin ada hubungannya dengan Valentine,” katanya sambil tersenyum.  Menurut Tony, konsumen asesoris seks ini didominasi oleh para remaja dan mahasiswa. Bahkan, kata Tony, mayoritas mereka sengaja memesan barang yang mereka inginkan melalui telepon. Setelah deal, karyawan Tony yang akan mengantarkan pesanan tersebut.

    “Ya, mungkin mereka malu jika ketahuan temannya datang ke toko kami,” ucapnya. Kondisi serupa juga terjadi pada tingkat hunian hotel-hotel kelas melati di Semarang. Seperti Hotel Dirgantara di Jalan Siliwangi Semarang, sejak siang hingga menjelang sore padat pengunjung.

    Padahal, hotel ini kerap kali menjadi incaran polisi karena sering dijadikan tempat mesum. Sabtu 7 Februaru lalu Polsek Kalibanteng berhasil menjaring sembilan pasangan tak resmi dari hotel ini. “Nggak tahu Mas. Hari ini banyak sekali yang datang. Nggak seperti biasanya,” jelas Hardi (71), penarik becak yang mangkal di seberang hotel. Pantauan okezone di lapangan, pengunjung hotel ini mayoritas berkendaraan roda dua dan berpelat H alias orang Semarang asli. Berdomisili di Semarang kenapa menginap di hotel Semarang? Oke zone 14/09

    Pemberian makna yang  membuat miris kita semua.

  • Makna bagi pengusaha hotel dan hiburan (Cafe dan Pub) mengemas perayaan Valentine’s day sebagai momen untuk melariskan promo baik gebyar Valentine’s dan lain sebagainya. Bagi terutama hotel kelas short time atau lebih dikenal dengan hotel transit (Motel) atau juga vila vila di tempat tempat wisata pun mengalami lonjakan, banyak pasangan muda mudi yang menyewa kamar untuk berkencan tentunya apa lagi kalau tidak melakukan hubungan badan alias ML.

    Pasangan muda mudi banyak juga yang menghabiskan hari Valentine di kamar hotel

    Pasangan muda mudi banyak juga yang menghabiskan hari Valentine di kamar hotel

Lalu bagaimanakah menyikapi hal seperti ini? rasanya begitu banyak hal yangperlu ditinjau dari segala aspek tentang Valentine’s days bagi kita masyarakat timur terutama bagi umat muslim, karena kondisi degradasi moral generasi muda yang salah dalam memaknai Valentine’s day dalam perspektif mereka sendiri yaitu kasih sayang dalam pengertian yang sempit misalnya mencium kekasih bahkan hingga melakukan hubungan seks sebagai ungkapan penyerahan dan pembuktian kasih sayang seutuhnya sudah memprihatinkan kita sekalian. Lalu kalau begini masih perlukah  gebyar hari kasih sayang ini diperingati?

Momen ini pun tidak sedikit mendapatkan penentangan dimana-mana karena kerap kali mendorong lunturnya kepatuhan terhadap norma-norma serta moral dan agama yang dianut

Momen ini pun tidak sedikit mendapatkan penentangan dimana-mana karena kerap kali mendorong lunturnya kepatuhan terhadap norma-norma serta moral dan agama yang dianut

Bagaimanakah cara Anda memberikan kasih sayang pada pasangan Anda?

Berita Terbaru:

- Demi Pecahkan Rekor Dunia, 500 Orang Lakukan Seks Massal dan Dibuat DVD nya

- Supir Taksi Jadi Kaya Raya Setelah Dapat Bail Out Bank Century Rp 200 Miliar

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita Terkini

Toko Barcode

Comment using your Facebook