Borneo Adventure
Barcode Scanner

Boeing Kembangkan Kapsul Ruang Angkasa Komersial CST-100

Tidak mau kalah dengan beberapa perusahaan Aerospace lain yang mengembangkan transportasi ruang angkasa komersial, kini salah satu perusahaan pembuat pesawat terbesar di dunia Boeing sedang mengembangkan transportasi ruang angkasa komersial berupa kapsul ruang angkasa yang nantinya bisa mengantarkan para wisatawan ruang angkasa dari satu stasiun ke stasiun ruang angkasa lain.

Kapsul Boeing cst-100 konsep transportasi ruang angkasa komersial masa depan

Kapsul Boeing cst-100 konsep transportasi ruang angkasa komersial masa depan

Kapsul ruang angkasa baru ini merupakan kolaborasi antara beberapa perusahaan di Amerika Serikat yang ingin mengembangkan pesawat ruang angkasa pribadi yang bisa mengantarkan manusia ke ruang angkasa. Pesawat ini, yang diberi nama Crew Space Transportation-100 (CST-100) dapat direalisasikan berkat dana hadiah sebesar US$18 juta dari NASA di bawah Commercial Crew Development (CCDEv) Space Act Agreement.

Hadiah ini ditujukan untuk menstimulasi inovasi teknologi guna mengembangkan sistem transportasi penerbangan ruang angkasa komersial. CST-100 yang didesain Boeing bisa membawa 7 orang, lebih besar dibandingkan pesawat ruang angkasa Apollo, meski lebih kecil dibandingkan Orion.

Boeing tidak hanya akan menunggu NASA untuk menjadi klien mereka. Saat ini, seperti dikutip dari Softpedia, Rabu 21 Juli 2010, mereka telah bekerja sama dengan Bigelow Aerospace asal Las Vegas yang merupakan anggota Commercial Spaceflight Federation.

Kapsul luar angkasaHarapannya, Boeing dapat menyediakan alat transportasi dari dan ke Bigelow Aerospace Orbital Space Complex. Juru bicara Boeing menyebutkan, mereka akan bekerja sama dengan Bigelow Aerospace karena perusahaan tersebut memiliki banyak pengalaman dalam membangun stasiun ruang angkasa komersial.

Sebagai informasi, Bigelow telah meluncurkan dua prototipe modul stasiun ke ruang angkasa dan saat ini sedang mengembangkan tempat tinggal pribadi yang bisa dibuka-tutup, dan mempersiapkan peluncuran stasiun ruang angkasa pribadi pada 2014.

Beberapa waktu lalu Virgin sebuah maskapai terkenal di wilayah Atlantik pun telah mengembangkan pesawat luar angkasa komersial dengan tujuan wisata ruang angkasa, agaknya kedepan ekspansi manusia keluar angkasa bakal semakin ramai dan menjadi sebuah hal yang lumrah.

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Teknologi

Toko Barcode

Comment using your Facebook