Borneo Adventure
Barcode Scanner

Laptop Buatan India Termurah di Dunia, Layar Sentuh Cuma Rp300 Ribuan

Disaat tingkat kebutuhan dan permintaan akan barang teknologi IT sedang naik pesat, India membuat sebuah terobosan cepat dibandingkan negara lainnya yaitu merencanakan memproduksi Laptop atau Notebook termurah di dunia. Bayangkan hanya dengan uang Rp 300.000an (US$ 35) Anda sudah bisa membawa pulang Laptop Baru dengan teknologi layar sentuh pula.

Salah satu laptop murah yang sudah di produksi oleh India

Salah satu laptop murah yang sudah di produksi oleh India

Jika rencana pemerinta India itu terwujud maka laptop itu akan menjadi laptop termurah di dunia. Menteri Sumber Daya Manusia India, Kapil Sibal, mengungkapkan bahwa komputer berbiaya murah itu akan dirancang untuk siswa sekolah.

Menurutnya, kementrian yang dipimpintya telah memulai pembicaraan dengan sejumlah perusahaan global untuk memproduksi laptop murah dalam jumlah masal. “Kita telah mencapai sebuah tempat bahwa saat ini, motherboard, chip, prosesor dan semuanya terakumulasi seharga USD 35, sudah termasuk memory, layar dan segalanya,” ujar Sibal seperti dikutip REUTERS hari ini.

Dikatakannya, perangkat dengan layar sentuh itu juga dilengkapi piranti lunak seperti browser internet, pembaca PDF, serta fasilitas video conference. Meski harganya murah, namun laptop itu dirancang cukup fleksibel sehingga bisa ditambah dengan perangkat baru sesuai kebutuhan.

Sibal menambahkan bahwa laptop itu akan menggunakan basis operasi Linux. Sementara model laptop murah itu tengah dikembangkan oleh tim di Institut Tekhnologi India.

India menghabiskan tiga persen dari anggaran tahunan untuk pendidikan, terutama untuk mendorong tingkat melek huruf di atas 62 persen dari total populasi yang mencapai 1,2 miliar jiwa. Namun sebuah studi menunjukan bahwa banyak siswa di India yang tidak dapat membaca dan menulis, dan banyak sekolah negeri dengan fasilitas yang tidak memadai.

Kapan ya negara kita Indonesia mampu membuat dan memproduksi Notebook sendiri hasil karya anak bangsa kita? Kalau pesawat terbang,  kapal tanker dan senjata saja kita sudah bisa buat mestinya Laptop bisa dong.
Ref: JPNN, Reuters

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Teknologi

Toko Barcode

Comment using your Facebook