Borneo Adventure
Barcode Scanner

Omar Suleiman, Jago Amerika Serikat Untuk Gantikan Mubarak

Keterlibatan Amerika Serikat dalam politik dalam negeri Mesir akhirnya terungkap. New York Times mengabarkan, pemerintahan Presiden Barack Obama, sudah membahas rencana mundurnya Presiden Mesir Hosni Mubarak. Sebagai pengganti Mubarak, kemungkinan akan ditunjuk Wapres Omar Suleiman. Sebelumnya, Mubarak menegaskan masih akan berkuasa hingga Pemilu Mesir, September mendatang.

Omar Suleiman dijagokan Amerika Serikat untuk bisa gantikan Hosni Mubarak

Omar Suleiman dijagokan Amerika Serikat untuk bisa gantikan Hosni Mubarak

Menurut New York Times, Gedung Putih, Deplu AS, dan Pentagon kini aktif berdiskusi soal masa depan Mesir. Salah satu topik bahasan mereka adalah bagaimana bila Mubarak memberi jalan pada pemerintahan transisional yang dikepalai oleh Suleiman. “Rencana ini didukung oleh militer Mesir,” demikian New York Times. Namun, Mubarak dalam wawancaranya dengan ABC, menegaskan ia tidak akan menyerah pada tekanan di dalam negeri maupun dari luar negeri. Bila ia mundur sekarang, ia khawatir Mesir akan kacau.

Sebelumnya, Suleiman sudah menawarkan konsesi politik pada kelompok oposisi Mesir, termasuk Ikhwanul Muslimin untuk berdialog. Namun, Ikhwanul Muslimin menolak berunding dengan pemerintah, kecuali Presiden Mubarak mundur. Sikap AS yang akhirnya ikut campur dalam urusan Mesir ini berbeda sepekan sebelumnya. Ketika itu Presiden Obama tidak mengeluarkan pernyataan tegas soal masa depan Mesir. Obama mengatakan, ia tidak ingin AS dilihat sebagai negara yang selalu ikut campur dalam urusan politik negara Timur Tengah. “Biarlah rakyat Mesir yang menentukan nasibnya,” demikian Obama pekan lalu.

Pernyataan lebih keras kerap disampaikan Menlu AS, Hillary Clinton, yang meminta pemerintah Mesir harus mengikut apa kata rakyatnya. Akhir pekan lalu. barulah Obama mengeluarkan pernyataan yang menegaskan bahwa harus ada perubahan di Mesir dan perubahan itu harus terjadi saat ini. Obama juga mengatakan ia sudah berbicara dengan Mubarak terkait masa depan Mesir yang merupakan sekutu AS bersama Israel. (Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita Politik

Toko Barcode

Comment using your Facebook