Borneo Adventure
Barcode Scanner

Trik Aneh! Memikat Lawan Jenis Dengan Air Kencing

Monyet capuchin jantan ternyata punya resep khusus untuk menarik perhatian monyet betina: menggunakan urine. Caranya, mereka pipis di tangan, lalu urine tersebut dipakai untuk ‘cuci-tangan’ setelah itu digosok-gosokan ke bulunya. Nah, lewat aroma air pipis inilah monyet jantan mengirim pesan kepada para betina bahwa mereka jomblo dan siap berkencan. Menurut studi yang dilansir di Daily Mail, pada pekan lalu, ketika monyet capuchin betina mencium aroma urine si jantan, otak mereka bereaksi dan ada peningkatan aktivitas.

Jenis primata Capuchin memiliki cara aneh untuk memikat lawan jenisnya yaitu dengan air seni

Jenis primata Capuchin memiliki cara aneh untuk memikat lawan jenisnya yaitu dengan air seni

Beberapa penelitian sebelumnya telah mencoba mengungkap mengapa para monyet jantan capuchin suka ‘mencuci’ tangannya dengan urine. Namun mereka gagal menemukan sebuah kesimpulan. Penelitian sebelumnya membuat beberapa hipotesis, misalnya, mereka menduga air pipis ini agar suhu tubuh mereka tetap stabil, selain itu ada juga yang menyatakan mereka menggunakan aroma urine itu sebagai tanda pengenal.

“Tapi ada sebuah studi yang melaporkan bila ada seekor betina, para jantan langsung meningkatkan ‘cuci-tangan’ pakai urine,” kata Dr Kimberley Phillips. Dr Phillip adalah seorang dosen psikologi di Trinity University, San Antonio, Texas yang juga spesialis tingkah laku biologis dan neurologis primata.

Phillip dan tim penelitinya kemudian meneliti lebih dalam tentang tingkah laku monyet jantan capuchin itu. Mereka bahkan menggunakan magnetic resonance imaging (MRI) untuk melihat aktivitas otak monyet capuchin betina. Hasilnya, otak monyet capuchin betina secara signifikan meningkat ketika menyium aroma dari urine monyet jantan. “Tapi ini berlaku bagi urine monyet jantan dewasa, reaksi otak mereka tidak sama dengan monyet jantan remaja yang ‘mencuci-tangan’ dengan urine,” kata Phillips.

Monyet capuchin hidup di Amerika Selatan dan Tengah. Mereka hidup berkelompok dan dipimpin seekor monyet jantan yang dominan. (Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita Suka Suka

Toko Barcode

Comment using your Facebook