Borneo Adventure
Barcode Scanner

Kata-Kata Terakhir Para Istri Moerdiono Saat Pemakaman Suami

Semasa hidupnya selain meniti karir sebagai pejabat negara, Moerdiono, mantan Mensesneg era Orde Baru juga dikenal karena sikapnya yang flamboyan dan kisah cintanya yang sukses menaklukan sejumlah selebriti papan atas negeri ini. Era Orde Baru menjadi puncak prestasi bagi Moerdiono, hingga dipercaya oleh Presiden Soeharto beberapa kali menempati jabatan penting dan puncaknya sebagai Menteri Sekretaris Negara selama dua periode berturut-turut.

Moerdiono Machica

Moerdiono

Istri Moerdiono

Gaya bicaranya yang kalem, bahkan terkesan lamban, tidak mengurangi penampilannya sebagai pria perlente yang selalu tampil rapi dan klimis. Namun diusianya yang ke 76, seorang Moerdiono tetap menjadi bahan pembicaraan, seputar kehidupan di masa lalu yang masih menyisakan masalah. Sisa hidupnya terpaksa harus digunakan untuk mengurus perceraiannya dengan Maryati, istri yang selama ini sudah tidak lagi tinggal seatap dengannya.

Poppy Dharsono Moerdiono

Istri Moerdiono

Sundari Sukotjo

Moerdiono dalam perjalanan hidupnya juga dikenal flamboyan. Dua perempuan selebritis, sekelas pedangdut Machica Mochtar dan Model sekaligus perancang ternama Poppy Dharsono (saat ini anggota DPR RI) mewarnai hidupnya, bahkan di profil wikipedia juga disebutkan penyanyi keroncong Sundari Soekotjo juga pernah menjadi istrinya. Mereka diakui hanya dinikahi secara siri, sementara kehidupan rumah tangganya dengan Maryati tetap berjalan.

Saat jenasah mediang dimakamkan TP Kalibata. Tiga istri Moerdino, yaitu Mariyati, Poppy Darsono, Machica Mochtar, mengantar Moerdiono ke peristirahatan terakhirnya. “Bagaimanapun dia pernah menjadi suami saya. Dia mengasihi saya dan buat saya jadi seorang ibu,” ujar Machica sambil terisak di TP Kalibata, Jakarta Selatan, Sabtu (8/10/2011).

Machica yang datang dengan seorang anaknya, terlihat sangat terpukul dengan kepergian Moerdiono. “Walaupun kami ada masalah tapi saya tidak dendam. Saya akan selalu kenang masa-masa indah bersama dia. Banyak masa-masa Indah,” terangnya.

Maryati

Istri Moerdiono

Sementara itu, Poppy Darsono menyebut Moerdiono sebagai sosok yang penuh dengan disiplin. “Saya kenal Pak Moerdiono sebagai orang disiplin, Zero Tolerance dan menerapkan sistem Sesneg di rumah,” ujarnya.

Istri Moerdiono

Sementara itu Maryati yang merupakan istri pertama Moerdiono datang menggunakan kursi roda. Wanita yang sudah sudah berumur itu terlihat tabah saat menaburkan bunga di pusara suaminya itu.

Moerdiono tutup usia di usia 77 tahun di Rumah Sakit Gleneagles, Singapura. Selama 17 bulan Moerdiono berjuang melawan penyakit kanker paru-paru yang dideritanya. Jenazah akan dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) pukul 15.00 WIB, Jumat (7/10) kemarin.

Pensiunan Letnan Jenderal ini, lahir di Banyuwangi, Jawa Timur, tanggal 19 Agustus 1934. Sejak awal, Moerdiono memang merintis karir di Sekretariat Negara. Dia menjabat sebagai Mensesneg pada Kabinet Pembangunan V (1988-1993) dan Mensesneg Kabinet Pembangunan VI (1993-1998). Menggantikan Sudharmono, mentor sekaligus atasannya sejak di militer.
Biorafi Moerdiono

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Featured

Toko Barcode

Comment using your Facebook