Borneo Adventure
Barcode Scanner

Seks Bisa Picu Seseorang Jadi Amnesia (Lupa Ingatan)

Mungkin belum pernah Anda temukan sebelumnya, seorang wanita 54 tahun mendatangi sebuah rumah sakit di Washington DC dalam keadaan panik. Dia mengaku lupa apa yang dilakukannya selama 24 jam terakhir setelah berhubungan seks dengan sang suami. Pasien yang disamarkan identitasnya itu didiagnosis mengidap transient global amnesia, kondisi langka yang menyebabkan hilang ingatan secara temporer.
Photobucket
Walau bersifat sementara, para pengidapnya seringkali dihinggapi stress dan kebingungan karena mendadak lupa banyak hal dalam waktu yang sangat cepat. Transient global amnesia tidak berbahaya bagi otak, demikian hasil penelitian dari Georgetown University Hospital, Washington DC. Sayangnya, penyebab utama dari kondisi ini masih belum diketahui hingga saat ini.

Daily Mail, Rabu (12/10) melaporkan, para pakar medis menduga kondisi ini diakibatkan gangguan di bagian katup leher yang bertugas mengatur aliran udara. Alih-alih tertutup rapat, katup di bagian leher terbuka lebar hingga menyebabkan tekanan di perut dan mendorong darah yang terkontaminasi oksigen kotor. Darah ini mengalir ke hati, urat nadi di leher, hingga bagian otak yang mengatur memori.

“Kami belum mengetahui secara persis apa penyebabnya. Ini bukan stroke atau serangan yang merusak otak. Nyaris tidak berbahaya,” tutur Sebastian Ameriso dari Institure for Neurological Research di Buenos Aires, seperti dilansir Livescience. Dikutip dari The Journal of Emergency Medicine, hingga saat ini tercatat 100.000 orang mengidap transient global amnesia setiap tahunnya.

Jurnal medis ini juga mencatat, mayoritas pasien berusia 50-60 tahun dan seks bukanlah pemicu utamanya, karena kondisi ini juga bisa terjadi saat berolahraga berat, seperti angkat besi. Nah sobat, bukan maksud artikel ini menakut-nakuti namun lebih baik waspada dari pada mengalaminya bukan. (Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Kesehatan

Toko Barcode

Comment using your Facebook