Borneo Adventure
Barcode Scanner

Foto-Foto Indah Gerhana Bulan 10 Desember 2011 Dari Seluruh Dunia

Sebagian besar wilayah di tanah air kita tadi malam tertutup mendung hingga banyak yang tidak bisa menyaksikan fenomena alam berupa gerhana bulan total. Warga Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung, gagal menyaksikan tahap awal gerhana bulan total, Sabtu (10/12/2011) malam. Mendung menutupi langit sejak siang. Bulan sempat terlihat antara pukul 20.25 hingga 20.40. Saat itu bulan sudah tertutup sebagian sehingga tersisa bentuk bulan sabit. Setelah itu, bulan menghilang tertutup awan mendung yang sudah melingkupi langit Pangkal Pinang sejak siang.
Gerhana Bulan Total
Foto diatas dan dibawah adalah penampakan gerhana bulan di tanah air hasil karya Kaskuser (Forum Kaskus) dari Yogyakarta dan Aceh
Gerhana Bulan Total
Fenomena alam gerhana bulan mulai terlihat dari Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (10/12/2011) sekitar pukul 19.00. Gerhana tampak dari kawasan muara Pantai Ulakkarang, Kota Padang, dengan bagian bawah bulan yang berada di sisi timur laut seakan menghilang. Gerhana total dimulai pada pukul 00.25 WIB dan berakhir pada pukul 05.59 WIB. Berdasarkan publikasi NASA, totalitas atau kondisi saat Bulan tak tampak sama sekali akan berlangsung selama 100 menit, dari pukul 02.22 WIB hingga pukul 04.02 WIB.
Gerhana Bulan TotalPemandangan gerhana bulan di kota Masaki Jepang

Gerhana Bulan TotalPenampakan gerhana bulan di ibukota Jepang Tokyo

Gerhana Bulan TotalPenampakan gerhana bulan di New Delhi India

Gerhana Bulan TotalGerhana bulan di Golden Gate San Francisco California

Gerhana Bulan TotalPenampakan gerhana bulan di Tokyo Tower

Gerhana Bulan total kali ini bisa disaksikan di wilayah Eropa, Afrika, Amerika Selatan, Australia, dan Asia, termasuk Indonesia. Wilayah timur Afrika, Timur Tengah, Asia Tengah, dan barat Australia bisa menyaksikan keseluruhan tahap gerhana. Di Indonesia, wilayah yang keberuntungan yang sama adalah Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan sebagian Nusa Tenggara.

Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan Total

Gerhana Bulan TotalGerhana Bulan di Lahore Pakistan

Durasi totalitas gerhana kali ini akan menjadi salah satu yang terpanjang dalam 100 tahun. Dalam publikasi Space.com, Sabtu (11/6/2011), totalitas gerhana yang bisa menandingi terjadi pada pada 16 Juli 1935 selama 101 menit, 6 Juli 1982, dan 16 Juli 2000 selama 107 menit. Totalitas gerhana yang panjang berikutnya diperkirakan terjadi pada 27 Juli 2018 selama 106 menit.

Gerhana Bulan TotalIndahnya gerhana bulan di pantai Malibu Santa Monica California

Gerhana Bulan TotalGerhana bulan di Los Alamos

Gerhana Bulan TotalPemandangan gerhana bulan di Las Vegas Amerika Serikat

Gerhana Bulan TotalGerhana Bulan di Cape Verde Arizona

Gerhana Bulan terjadi saat Matahari, Bumi, dan Bulan terjadi pada satu garis lurus di mana Bumi berada di antara Matahari dan Bulan. Tak seperti gerhana Matahari, gerhana Bulan aman disaksikan dengan mata telanjang tanpa perlu pelindung. Namun, karena terjadi tengah malam, pengamat disarankan istirahat terlebih dahulu.

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Foto Hari Ini

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook