Borneo Adventure
Barcode Scanner

Gaji Perdana Menteri dan Semua Menteri Singapura Dipotong

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan para menterinya akan mengalami pemotongan gaji hingga 36% sebagai tanggapan pemerintah ‘Negeri Singa’ itu terhadap keresahan warga atas tingginya gaji mereka. Meski begitu, Lee tetap merupakan pemimpin negara dengan gaji terbesar di dunia.

Pemerintah Singapura memberikan gaji yang sangat besar bagi pejabat pemerintah dan pegawai negeri sipil dengan tujuan menarik SDM yang terbaik. Gaji yang tinggi itu juga membantu politisi di negara Asia Tenggara itu terbebas dari korupsi. Lee memiliki gaji lebih dari S$33 juta (sekitar Rp234,8 miliar) per tahun. Dengan pengurangan tersebut, gaji Lee menjadi hanya S$22 juta (sekitar Rp156,5 miliar) per tahun.

Pemotongan gaji itu diputuskan oleh komite penilai yang dituding pada tahun lalu. Lee mengaku menerima keputusan komite penilai tersebut. Meski begitu, gaji Lee masih tiga kali lipat dari Eksekutif Kepala Hong Kong Donald Tsang, pemimpin negara dengan gaji terbesar kedua di dunia yang menerima gaji US$550 ribu (sekitar Rp5 miliar) per tahun.

Adapun Perdana Menteri Australia Julia Gillard memperoleh gaji A$480 ribu (sekitar Rp4,5 miliar) per tahun dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama memiliki gaji US$400 ribu (sekitar Rp3,7 miliar) per tahun. Adapun gaji tahunan para menteri Singapura sekitar sebesar S$1,1 juta (sekitar Rp7,8 miliar) atau mengalami potongan sebesar 3,7%.

Komite untuk menilai gaji anggota kabinet Singapura dibentuk setelah dalam pemilu parlemen, kelompok oposisi sukses meraih kemenangan bersejarah atas partai pimpinan Lee Partai Aksi Rakyar (PAP) yang telah berkuasa di Singapura sejak 1965. (Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Berita Politik

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook