Borneo Adventure
Barcode Scanner

Kenapa Saat Menggaruk Bagian Tubuh Yang Gatal Terasa Nikmat

Anda pasti pernah merasakan gatal, baik karena binatang, alergi, cuaca atau hal lain. Untuk menghilangkan atau meredakannya, menggaruk biasa dilakukan. Lalu, tahukah Anda, dari semua area tubuh, bagian mana yang paling nikmat untuk digaruk? Jawabannya adalah engkel kaki. Hal ini menurut penelitian yang dilakukan tim dari Liverpool John Moores University, Inggris. Responden yang terlibat dalam penelitian dibuat gatal oleh tanaman cowhage.

menggaruk pantatHasilnya, jika dibandingkan dengan dengan gatal pada lengan atau di bagian belakang tubuh, menggaruk engkel kaki adalah yang paling nikmat dan menyenangkan. Salah satu peneliti, Francis McGlone, menjelaskan ada alasan penting di balik penelitian ini. “Saya berasal dari latar belakang penelitian seputar rasa sakit. Saya tahu ada gatal yang bersifat kronis seperti juga sakit kronis yang merusak kualitas kehidupan. Dengan mengetahui secara spesifik saraf gatal, bisa jadi dasar pengembangan terapi obat untuk mengatasi penyakit seperti psoriasis dan eczema,” kata McGlone, yang seorang profesor saraf, seperti dikutip dari The Sun.

Ia juga menjelaskan kalau menggaruk tidak akan menghilangkan rasa gatal yang kronis. Jadi, penderita gatal kronis akan merasa sangat tersiksa. Lalu, saat menggaruk dan rasa gatal hilang akan terasa nikmat. “Saat kita meredakan rasa gatal dengan menggaruk, kita akan merasakan kenikmatan. Ada alasan evolusi terkait hal ini,” kata profesor McGlone.

Menurutnya, menggaruk sama seperti berhubungan seksual dan makan. Yaitu, semacam kebutuhan yang menyenangkan. “Seks adalah hal menyenangkan yang mendorong kita untuk bereproduksi. Makan juga menyenangkan. Begitu juga dengan menggaruk karena membuat kita mencari sumber gatal dan berusaha menghilangkannya,” ujar profesor McGlone. (Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Kesehatan

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook