Borneo Adventure
Barcode Scanner

Bangga..!! Restoran “Wong Malang” Ada Di Belanda

Tak usah khawatir jika Anda rindu pada makanan khas Indonesia jika berada di luar negeri. Sekarang bisa dibilang ke negara mana saja Anda berkunjung, pasti ada warung makan atau restoran milik warga Indonesia. Seperti di Belanda, ada warung Sinar Djaya yang dikelola pemiliknya asal Malang.

Restoran Sinar Djaya Wong Malang

Restoran Sinar Djaya Wong Malang

Warung yang dimiliki Hira Lal ini berada di jalan bernama Laarderweg di kota kecil bernama Bussum di Belanda Utara. Nama resmi warungnya “Sinar Djaya: Indonesische Afhaalcentrum” alias warung take awayala Indonesia.

Hira yang asli Malang, Jawa Timur merupakan mantan pekerja di bursa efek Belanda yang banting setir menjadi wirausahawan kuliner sejak tahun 1986. Ternyata usahanya membuahkan hasil yang menggembirakan.

Warung Sinar Djaya menyediakan aneka makanan Indonesia seperti daging rendang, mihoen rames, ayam rudjak, sambal goreng boontjes, oedang peteh, dan dilengkapi makanan pendamping seperti spekkoek, indische kroket, vegetarische loempia, risolles, serta tak lupa kroepoek ditambah bakpao kip.

Di depan warung ini dipasang becak unik, yang khusus didatangkan dengan kapal, biaya paketnya senilai 1500 gulden (saat itu belum berlaku mata uang tunggal euro).

“Becak ini sering dipinjam saat ada acara kebudayaan, seperti ulang tahun Kota Hilversum,” kata ayah tiga anak yang menikah dengan perempuan Belanda itu.

Warung ini justru lebih banyak dikunjungi warga lokal. Biasanya satu porsi cukup dengan 8-10 euro atau sekitar Rp96 ribu-120 ribu.

Meski belum sempat ke sana, mengunjungi lamannya mungkin dapat sedikit memberikan gambaran warung Sinar Djaya.

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Wisata

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook