Borneo Adventure
Barcode Scanner

Nyata! Liur Bayi Setahun Ini Berupa Kristal Lho

Dengan dibuktikan dari hasil uji laboratorium Rumah Sakit Syaiful Anwar menyebutkan kristal dari air liur Rafael yang membeku berupa kaca dan bukan dari organ manusia. Kesimpulan ini disampaikan dokter spesialis anak, Haryudi Aji Cahyono, seusai memeriksa bayi berusia satu tahun itu. “Kristal kaca bukan berasal dari organ tubuh manusia,” kata Haryudi di Malang, Jawa Timur, Ahad, 25 Maret 2012.

Ilustrasi Artikel

Ilustrasi Artikel


Rafael, bayi berusia satu tahun asal Desa Jeru, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang, menjadi fenomena menarik bagi rumah sakit di Malang, Jawa Timur. Pasalnya, anak ini mengeluarkan air liur yang bisa mengkristal. Kristal dari air liur ini berukuran beragam. Saat keluar dari mulut, air liur mengeras hingga berbentuk mirip kaca bening. Ada yang sebesar kelereng, ada pula yang lebih kecil. Keunikan ini menarik bagi tim medis. (Baca: Rafael, Bayi Setahun Berliur Kristal)

Dokter di Malang pun meneliti fenomena ini. Menurut Haryudi, pengujian secara medis dilakukan melalui patologi klinik dan mikroskopis. Hasil patologi klinis tak menemukan kadar kalsium dari kristal. Padahal, sebelumnya, air liur Rafael mengandung kalsium tinggi. Melalui mikroskop, terlihat banyak gelembung kaca.

Selanjutnya, dokter menguji kristal dengan cara membakarnya. Ternyata kristal tak meleleh. Bahkan asam sulfat pekat juga tak melarutkan air liur kristal tersebut. Ahli permata menganalisis bahwa kristal tersebut merupakan batu kaca. Secara medis, fenomena batu liur itu ada dan bisa dibuktikan secara medis. “Saya tidak bisa menyatakan itu palsu (bukan kristal),” kata Haryudi.

Rafael merupakan putra pasangan Hariadi dan Leni Marlinda, warga Desa Jeru, Kecamatan Tumpang, Kabupaten Malang. Sudah ada 111 butir kristal air liur Rafael.

Sementara itu, Leni sendiri belum menerima hasil pengujian di Rumah Sakit Syaiful Anwar Malang. “Tak tahu, kok, hasilnya seperti itu. Kan banyak yang melihat kristal itu keluar dari mulut anak saya,” kata dia.

Kondisi kesehatan Rafael relatif stabil. Namun, sejak dua hari ini, ia terserang flu dan batuk. Aktivitas sehari-harinya juga tak terpengaruh. Bahkan ia terlihat aktif bermain dengan teman sebayanya.


(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Berita Suka SukaRuang Misteri

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook