Borneo Adventure
Barcode Scanner

Bangga! Mahasiswa Indonesia Ukir Prestasi di AS

Jakarta: Kabar baik dating dari sejumlah mahasiswa Indonesia memenangkan kontes robot internasional di Amerika Serikat. Tim mahasiswa Indonesia sukses bersaing melawan 130 tim dari Amerika Serikat, Cina, Israel dan berbagai negara lain.

 

Robot Indonesia di AS

Robot Indonesia di AS

 

Ketiga kampus itu masing-masing dari ITB, ITTelkom, dan Unikom. Mereka berhasil mengukir prestasi di Amerika Serikat (AS) dalam Lomba Robot Cerdas, Trinity College Fire-Fighting Home Robot Contest (TCFFHRC), yang berlangsung di Trinity College, Hartford, Connecticut, AS. Mereka membawa pulang delapan medali ke Tanah Air.

Tim Indonesia mengirim 16 mahasiswa dari tiga kampus. Mereka adalah juara satu dan dua untuk kategori robot pemadam api divisi beroda dari ITTelkom. Sementara juara tiga di kelompok ini diraih tim robot dari Shepherd University AS.

“Ini robot fire fighting kategori beroda. Robot pemadam api tapi alat geraknya roda. Kontrolnya dibuat sesimpel mungkin, jadi robot kelihatan lebih lincah,” kata mahasiswa pemenang kontes robot Candra Herdianto, Kamis (5/4).

Untuk robot cerdas kategori robot pemadam api devisi berkaki, disapu bersih Indonesia untuk juara satu dan dua dari ITTelkom, dan juara tiga dari ITB.

“Ini robot pemadam api tapi ada kakinya seperti laba-laba,” kata Yudha Prawira.

Untuk robot pemadam kaki ini pergerakannya memang tidak secepat roda. Namun robot tersebut bisa berekspresi dengan berjoget-joget jika berhasil memadamkan api. “Robot ini memadamkan dengan angin. Roda diandalkan di medan mulus, tapi medan berbatu butuh yang berkaki biar bisa memanjat,” jelasnya.

Sementara Unikom berhasil menjadi juara satu kateogri RoboWaiter divisi Entry Level, dan juara satu dan dua RoboWaiter divisi Advanced. “Tugasnya mengambil makanan, meletakkan kembali ke meja,” ujar Didit Andri Jatmiko.

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Teknologi

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook