Borneo Adventure
Barcode Scanner

Salah Mengedit Langit di Fim “Titanic”, Astronom Komplain

Los Angeles:Adakah dari Anda ada yang menyangka ternyata gambaran langit malam hari di film terlaris “Titanic (1997)” itu sebuah kesalahan? Hal itu pun dikomplain oleh seorang astronom setelah film tersebut dirilis. Selama 10 tahun berjuang demi pembenaran susunan bintang di langit tersebut, usaha astronom itu tak sia-sia.

120405titanic-logo

120405titanic-logo

Seperti dikutip Dailymail.co.uk, Kamis (5/5), sang sutradara James Cameron, yang dikenal sebagai perfeksionis, akhirnya menyetujui untuk mengubah susunan langit di bintang untuk film “Titanic” yang dirilis ulang pekan ini dalam bentuk 3D. Dan, perubahan itu merupakan satu-satunya yang disajikan dalam versi terbaru “Titanic”, yakni dengan susunan bintang di langit yang akurat pada malam kejadian sebenarnya.

Setelah beberapa kali bertemu, astronom bernama Dr. Tyson itu pun ditantang oleh Cameron untuk mengirim gambaran langit yang tepat dan akurat sesuai malam kejadian pada pukul 04.20 dini hari, 4 April 1912. Dr. Tyson memang sudah menyadari dari awal bahwa film versi 1997 itu ada sebuah kesalahan. Upayanya itu akhirnya diwujudkan oleh Cameron.

Dr. Tyson, yang mengepalai Rose Centre for Earth dan Space at the American Museum of Natural History di New York itu, mengaku senang bisa mengirimkan Cameron sebuah peta detail susunan bintang di malam itu, dan mengatakan bahwa, “Astronomi itu hal yang mudah untuk ditelusuri.”

Menurutnya, penggambaran langit di film pertama itu memang salah dan ia menggunakan refleksi cermin untuk mengisi langit secara penuh. Astrofisikawan lulusan Harvard itu juga mengaku pernah mengirimkan surat, namun Cameron tidak meresponnya. Ia kemudian bertemu dengan Cameron di makan malam komite NASA dan makan malam di sebuah penghargaan majalah untuk mengomplain.

Dr. Tyson mengatakan, keuletannya kini akhirnya membuahkan hasil setelah bersusah payah selama sepuluh tahun. Versi 3D baru dari “Titanic” yang menampilkan secara lengkap gambaran langit malam yang secara astronomis akurat ini dirilis pada akhir pekan ini.

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Featured

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook