Borneo Adventure
Barcode Scanner

Wow! Anda Bisa Langsing Abis Berkat ‘Kata Mantra’ Ini Lho

Semua orang lebih cenderung makan berlebihan saat berkumpul bersama keluarga atau teman dekat. Tanpa disadari, keasyikan mengobrol sambil makan dan perasaan tak enak dengan tuan rumah, justru bisa mempengaruhi ukuran lingkar pinggang karena makanan tersebut mengandung kalori yang tinggi.

Women Eating Health Foods

Ternyata ada cara jitu untuk menolak tawaran makanan secara berlebihan. Anda hanya cukup menggunakan kata ‘mantra’ “Saya tidak mau” saat disodorkan makanan yang menggugah selera agar terhindar dari godaan yang dapat merusak diet Anda.

Percobaan kecil ini dipimpin oleh ilmuwan Amerika Vanessa M. Patrick dan Henrik Hagtvedt dengan merekrut 30 perempuan. Kemudian, para peserta dibagi menjadi tiga kelompok dan diminta untuk melakukan strategi penolakan yang berbeda-beda di setiap kelompok, saat peneliti menawarkan makanan non kalori.

Kelompok pertama harus mengatakan “Saya tidak mau” saat menolak makanan lezat. Kelompok kedua harus mengatakan “Saya tidak bisa”. Sementara kelompok ketiga hanya mengatakan “Tidak”.

Percobaan yang dilakukan selama 10 hari dan dipublikasikan dalam Consumer Research journal menemukan bahwa perempuan di kelompok pertama lebih berhasil menahan godaan untuk makan berlebihan.

Peneliti menjelaskan bahwa strategi penolakan dengan mengatakan “Saya tidak mau” memberikan kontribusi pada pertumbuhan kesadaran diri, kontrol, kemandirian dan menciptakan perubahan positif pada perilaku jangka panjang.

Menolak tawaran makanan berlebihan dengan mengatakan “Saya tidak mau” dianggap peneliti cukup efektif untuk menghentikan kebiasaan makan berlebihan.

Sebaliknya, strategi penolakan dengan mengatakan “Saya tidak bisa” justru mengisyaratkan kegagalan mencapai sesuatu sangat diinginkan dan menyebabkan ketidaknyamanan.

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Kesehatan

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook