Borneo Adventure
Barcode Scanner

Ssstt… Terkuak Misteri Pintu Nissan Juke Yang Macet

Fenomena kecelakaan yang dialami Nissan Juke B 60 GOH pada Sabtu, 11 Maret lalu, dikabarkan bahwa korban sulit dikeluarkan karena pintu tidak bisa dibuka sebelum dilalap api. Kasus ini pun dihubungkan dengan “recall” Juke di awal Desember 2011, yaitu pintu yang tidak bisa terbuka.

Pintu sebelah kiri melejit keluar dari pilar B

Pintu sebelah kiri melejit keluar dari pilar B

Memang benar Nissan melakukan kampanye perbaikan massal (recall). Penyebabnya, sistem kunci tidak bisa bekerja karena ada air membeku di sekelilingnya. Kasus ini hanya terjadi di negara dengan empagt musim punya musim dingin. Karena air di sekitar kunci membeku akibat suhu di bawah nol derajat Celcius.

Benturan hebat
Sementara pada kasus tabrakan ini kesulitan membuka pintu tidak ada kaitannya dengan recall. Pintu tidak bisa dibuka karena posisinya sudah bergeser akibat benturan hebat. “Ketika mobil menabrak, pilar A bergeser, mengakibatkan pintu tergencet dengan pilar B. Akibatnya susah dibuka, kecuali dicongkel,” ujar Teddy Irawan, Wakil Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia.

Pernyataan senada juga yang dilontarkan Wiewie, punggawa bengkel Firna Protechnik, “Yah pasti pintunya macet. Posisinya sudah mundur dan rumah kunci pasti jadi rusak yang mengakbitkan pintu susah dibuka.”

Kondisi ini mengingatkan KompasOtomotif dengan kejadian saat melakukan liputan reli Jawa Barat beberapa tahun lalu yang menimpa pereli nasional Steffi Billianto. Mobilnya menabrak pohon sehingga bagian kanan ringsek yang menyebabkan pilar A bergeser. Butuh waktu cukup lama untuk membuka pintu dan menggunakan alat seperti linggis untuk merusak pengait antara pintu dan pilar.

Sementara Joey, di jok penumpang samping, bisa keluar karena kekuatan benturan antara pintu kanan dan kiri tidak sama. Pergeseran pilar A juga terjadi namun tidak terlalu parah. Alhasil, pintu bisa dibuka tanpa menggunakan alat.

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Teknologi

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook