Borneo Adventure
Barcode Scanner

Marinir AS: ‘Sebab Kritik Obama via Facebook, Saya Dipecat’

Washington, Seorang Marinir Amerika Serikat (AS) dikeluarkan dari Korps Marinir karena mengkritik Presiden AS Barack Obama. Kritikan tersebut dilakukannya lewat situs jejaring sosial Facebook.

Barack Obama

Barack Obama

Koprs Marinir AS menyatakan, Sersan Gary Stein diberhentikan karena melanggar kebijakan Pentagon yang membatasi kebebasan berbicara para anggota dinas militer. Stein telah menjadi anggota Korps Marinir selama 9 tahun.

Stein yang ditempatkan di daerah San Diego tersebut, membuat grup Facebook bernama “Armed Forces Tea Party” pada tahun 2010. Pria itu menyebut Obama pembohong dalam salah satu postingnya pada 26 Januari lalu. Dua hari kemudian, Stein mengatakan Obama merupakan “Musuh Dalam Negeri.”

Stein menuturkan, dirinya semata-mata hanya menerapkan hak konstitusionalnya tentang kebebasan berbicara.

“Tuduhan yang gencar terhadap saya tidak lebih dari agenda Korps Marinir untuk menggunakan saya sebagai contoh,” kata Stein dalam statemen yang diposting di halaman Facebook-nya seperti dilansir News.com.au, Kamis (26/4/2012).

Dalam sidang militer yang digelar awal bulan ini, dewan disipliner militer menyarankan pemecatan Stein dari Korps. Menurut jaksa, dia telah berulang kali mengabaikan peringatan dari perwira-perwira di atasnya. Postingan Stein disebut sebagai pelanggaran aturan militer.

Diketahui bahwa Departemen Pertahanan AS telah menerapkan batasan kebebasan berbicara sejak Perang Sipil di negeri itu. Di antara batasan-batasan tersebut adalah larangan mengkritik panglima tertinggi.

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Berita Suka Suka

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook