Borneo Adventure
Barcode Scanner

NU Nilai Penolak Konser Lady Gaga Sok Moralis

Konser Stefani Joanne Angelina Germanotta atau sering disapa Lady Gaga mendatangkan pro kontra. Front Pembela Islam (FPI), Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan sejumlah pejabat negara menolak konser Gaga dengan alasan tak sesuai moral bangsa.

Namun, Ketua Pengurus Pusat Lembaga Seni dan Budaya Muslimin Indonesia NU, Al-Zastrouw Ngatawi menilai pelarangan tersebut sebagai sesuatu yang berlebihan. “Tidak usah berlebihan seperti itu. Jadi, mereka ini terlalu sok moralis,” kata Ngatawi, Kamis, 17 Mei 2012. Menurut Ngatawi, konser itu sudah sering diadakan. Sampai kini tak terjadi apapun. “Menurut saya, ini berlebihan,” katanya.

Lady Gaga, Benarkah Dia Setan Berwujud Manusia Seperti Yang Dituduhkan

Lady Gaga, Benarkah Dia Setan Berwujud Manusia Seperti Yang Dituduhkan

Ngatawi mengatakan, konser tidak akan menjadi masalah kalau dibiarkan. Di Indonesia banyak yang menari dan aneh seperti Lady Gaga, tapi tak terjadi apa-apa. “Kalau dibiarin tidak akan apa-apa. Itu kan orang sentimentil saja,” katanya. Namun Ngatawi menyadari dari sisi pakaian, prilaku Lady Gaga mengundang kontroversi dan tidak cocok dengan tradisi masyarakat. Hanya saja, jika responnya terlalu berlebihan, reaksinya akan berlebihan. “Ini dibesar-besarkan saja,” katanya.

Ngatawi menganggap pelarangan konser Lady Gaga sebagai bentuk kekhawatiran dan ketidak mampuan dalam mendidik anak dan generasi mendatang. Karena ketidakmampuan itu akhirnya mereka menggunakan alat negara. “Mereka ini kan dalam pemahaman agamanya secara instan, akhirnya menggunakan kekuatan negara untuk menekan,” katanya.

Cara memfilter ketakutan tersebut bisa dilakukan dengan melokalisir, tanpa berlebihan. Ia menyebut Gaga hanya masalah kecil. “Jangan sampai membunuh nyamuk dengan bom,” dia memaparkan. Wakil Wali Kota Depok Idris Abdul Somad mengatakan tak masalah apabila konser tersebut memperhatikan norma. Terlebih, nilai seni dan prestasi yang bisa dicontoh oleh generasi mendatang. “Ya kita ambil positif saja. Kalau melanggar norma dan aturan ya kita harus memfilternya,” katanya.

Konser Lady Gaga di Stadion Gelora Bung Karno pada 3 Juni mendatang tidak mendapatkan izin dari Polda Metro Jaya. Ribuan tiket Konser Born This Way Ball ini ludes terjual. Tiketnya dibanderol dari harga Rp 465 ribu-Rp 2,250 juta. (sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita Suka Suka

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook