Borneo Adventure
Barcode Scanner

Riset: Iri Hati Bisa Buat Anda Jauh Lebih Sukses Lho

Pernahkah Anda merasa iri kepada rekan kerja di kantor karena ia lebih banyak mendapat bonus, sementara Anda tidak? Lantas, apa yang sudah Anda lakukan? Terlepas dari pernyataan bahwa iri adalah sifat yang tidak baik, ternyata iri dapat membantu Anda untuk dapat lebih berhasil dalam karir.

 

Ilustrasi Iri Hati

Ilustrasi Iri Hati

Seperti yang dikutip dari Times of India oleh Ruanghati.com, seorang Psikolog di Universitas Flinders, Norman Feather mengatakan bahwa ada dua jenis iri, yaitu iri yang baik dan yang buruk.

Iri yang buruk adalah ketika Anda merasa rekan kerja berada di status yang lebih tinggi dan Anda merasa mereka tidak layak berada di posisi tersebut. Sementara, iri yang baik adalah ketika Anda menganggumi prestasi yang dimiliki rekan kerja dan berpikir bahwa mereka memang pantas berada di posisinya saat ini.

Memiliki rasa kagum terhadap teman kantor akan membuat Anda bekerja sedikit lebih giat untuk mencapai posisi seperti mereka. Anda juga akan terdorong untuk meniru apa yang mereka lakukan, sehingga memungkinkan kinerja Anda menjadi jauh lebih baik. Menurut Psikolog perusahaan Travis Kemp, iri hati bisa menjadi emosi yang positif jika orang tersebut bercita-cita untuk memperbaiki dirinya dan berusaha meningkatkan kinerjanya.

“Setiap orang membutuhkan keadilan dan pengakuan akan kinerjanya, ketika hal tersebut tidak terjadi, di sanalah terjadi kecemburuan,” jelasnya.

Namun, jika Anda ingin berada di posisi karir yang baik, yang harus dilakukan adalah perbaiki kesalahan dan berusaha melakukan yang terbaik untuk perusahaan, dan pastikan atasan Anda melihatnya. Berhentilah berpikir tentang sistem yang tidak adil. Lakukanlah sesuatu dan buatlah perubahan.

 

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita Suka Suka

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook