Borneo Adventure
Barcode Scanner

Inilah Saatnya Palestina-Israel Berdamai

Jakarta: Pada Rabu kemarin tepat pukul 21.00 waktu setempat atau Kamis (22/11/2012) jam 02.00 dini hari WIB disepakati gencatan senjata antara militan Palestina dan Israel. Setelah pertempuran delapan hari yang menewaskan lebih dari 160 jiwa.

Kabar baik dari Jalur Gaza itu disambut gembira oleh Pemerintah Indonesia. “RI mendorong dimulainya kembali negosiasi proses perdamaian di Timur Tengah, selaras dengan resolusi-resolusi terkait PBB untuk mewujudkan negara Palestina merdeka yang hidup berdampingan secara aman dan damai dengan negara-negara tetangganya,” demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri yang diterima Ruanghati.com, hari ini.

Sejak berkecamuknya konflik di Jalur Gaza tanggal 14 November 2012, Pemerintah RI telah mengambil langkah-langkah intensif melalui berbagai forum untuk mendorong semua pihak terkait agar segera menghentikan aksi militer. “Untuk menghindari jatuhnya korban penduduk sipil dan memulai kembali proses perdamaian melalui perundingan.”

Upaya tersebut termasuk antara lain dilakukan oleh Presiden RI pada KTT ke-21 ASEAN dan KTT Terkait Lainnya di Phnom Penh, tanggal 18-20 November 2012.

Dalam kesepakatan gencatan senjata, Israel wajib menghentikan semua agresi ke Jalur Gaza dari darat, laut, dan udara. Termasuk menghentikan serangan lintas batas dan pembunuhan dengan target tertentu.

Di sisi lain, faksi Hamas juga diminta menghentikan tembakan roket dan serangan ke Israel.

Selama 24 jam setelah gencatan senjata diberlakukan, Israel berkomitmen membuka pintu perbatasan dan menghentikan larangan atas pergerakan orang dan barang ke luar atau masuk Gaza.

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita Politik

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook