Borneo Adventure
Barcode Scanner

Dikomplain Tak Bisa Atasi Banjir Dengan Instan, Jokowi Berkata “Saya Bukan Superman”

Baru-baru ini sejumlah wilayah di DKI Jakarta mengalami bencana banjir hingga ketinggian mencapai atap rumah. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) pun dinilai gagal dalam mengatasi masalah banjir di Jakarta. Saat ditanya mengenai ide untuk mengatasi banjir, Jokowi mengungkapkan butuh waktu yang lama untuk mengatasinya.

Menurutnya, banjir tidak bisa diatasi dengan cara instan. “Saya bukan Superman, dewa, tukang sulap, yang membalikkan tangan bisa langsung hilangkan banjir,” ujar Jokowi. Seperti diberitakan Kompas.com, Jokowi mengaku akan berfokus pada normalisasi sejumlah sungai di Jakarta yang rawan banjir di tahun 2013 mendatang. Normalisasi akan dilakukan di tiga sungai yakni, Pesanggrahan, Angke, dan Sunter (PAS). Selain normalisasi sungai, Jokowi juga akan menopangnya dengan membuat sumur resapan. Rencananya, pada tahun 2013 pihaknya akan mengajukan sepuluh ribu sumur resapan untuk antisipasi banjir.

Program Andalan Jokowi Atasi Banjir

Program Andalan Jokowi Atasi Banjir

“Kalau tidak ada sumur resapan, ya serapan air ke bawah enggak bagus dan kualitas air tanah akan menjadi semakin tidak baik,” jelas Jokowi, seperti dikutip dari Kompas.com, lalu dikutip oleh Ruanghati.com Rabu (26/12/2012). Tidak hanya itu, Jokowi juga meminta warga Jakarta untuk bisa bekerjasama dengan pihak Pemprov DKI dalam mengatasi banjir. Jokowi meminta warga Jakarta untuk membuat sistem drainase yang baik agar tidak terjadi banjir saat hujan. “Nanti Wali Kota bisa menggerakan masyarakatnya untuk perbaikan drainase, selokan dan lain-lain,” kata Jokowi seusai mengunjungi korban banjir di Kampung Pulo, Jakarta.

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita Politik

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook