Borneo Adventure
Barcode Scanner

Survei: Saat Jadi Bos, Orang Jadi Irit Senyum

Untuk tampil disegani, para pemimpin biasanya tidak mudah menebar senyuman. Penelitian pun mengungkapkan, para bos memang irit senyum terutama pada orang-orang yang selevel dengan mereka.

Dari hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of California, San Diego, tercatat bahwa seseorang yang memiliki kekuasaan, tidak ingin meniru ekspresi wajah dari rival lainnya. Mereka yang memiliki status sebagai atasan di kantor, kemungkinan besar tidak mau membalas senyuman orang yang setingkat dengan mereka. Sedangkan bagi orang-orang yang tidak memiliki jabatan, akan selalu membalas senyuman orang lain.

“Status dan kekuasaan secara tidak sadar mempengaruhi bagaimana cara kita menggunakannya sebagai sebuah strategi,” ungkap salah satu peneliti, Evan Carr, mahasiswa pascasarjana di University of California, San Diego, seperti dikutip dari situs Health.

Dalam studi tersebut, peneliti meminta 55 orang untuk menulis secara singkat tentang suatu peristiwa yang mendorong mereka merasa berkuasa atau tidak berdaya. Setelah itu, para peserta diminta untuk menonton video yang menunjukkan ekspresi wajah orang-orang yang memiliki status sosial tinggi ataupun rendah. Saat menonton video tersebut, para peneliti mengukur otot-otot wajah dari para peserta yang menunjukkan ekspresi wajah bahagia, maupun marah atau cemberut sekalipun.

Penelitian ini menunjukkan bahwa semua peserta cenderung meniru mimik wajah orang yang memiliki kekuasaan dengan mengerutkan kening, ketimbang dengan orang-orang yang statusnya lebih rendah. Para peneliti juga menemukan bahwa orang-orang berkuasa kemungkinan lebih membalas senyuman pada orang yang lebih rendah statusnya, daripada dengan orang yang statusnya sama sepertinya. Sementara orang yang tidak memiliki jabatan, mereka akan selalu tersenyum kepada siapa pun yang mereka temui.

 

(Sumber)

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: Ruang Berita Suka Suka

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook