Borneo Adventure
Barcode Scanner

Inilah Tanda Bahwa Tubuh Sedang Stress

Stres adalah suatu kondisi anda yang dinamis saat seorang individu dihadapkan pada peluang, tuntutan, atau sumber daya yang terkait dengan apa yang dihasratkan oleh individu itu dan yang hasilnya dipandang tidak pasti dan penting. Stress adalah beban rohani yang melebihi kemampuan maksimum rohani itu sendiri, sehingga perbuatan kurang terkontrol secara sehat.

Ilustrasi Stress

Ilustrasi Stress

Berikut ini adalah beberapa tanda stress yang tanpa Anda sadari ditunjukkan oleh tubuh Anda :

Merasa sakit pada kepala

Todd Schwedt, MD, kepala University Headache Center di Washington mengatakan bahwa “Stres yang tiba-tiba dapat mengakibatkan Anda terserang migrain. Tidur dan makanlah secara teratur untuk meminimalkan sakit kepala dan minumlah obat-obatan yang alami untuk meringankannya.”

 

> Merasa kram pada perut

Dalam sebuah studi di Harvard ditemukan bahwa kram perut akan dua kali lipat lebih menyakitkan dialami oleh wanita yang mengalami stress pada periode menstruasinya.

Ketidakseimbangan yang disebabkan oleh hormone stress adalah penyebab dari hal ini. Kram dan stress dapat ditenangkan dengan cara berolahraga ringan yang dapat mengurangi aktifitas sistem saraf simpatik.

> Mengalami sakit pada rahang

Rasa sakit pada rahang dapat terjadi ketika gigi yang bergemeretak ketika tidur yang diperburuk oleh stress. Sebaiknya Anda berkonsultasi pada dokter gigi Anda tentang masalah pada rahang tersebut dan cara untuk mengatasi gigi yang bergemeretak ketika Anda sedang tidur.

> Mengalami mimpi buruk

Anda akan terbangun lebih sering dan mendapatkan citra yang tidak menyenangkan dalam mimpi Anda sepanjang malam ketika Anda sedang stres.

Untuk mencegah hal ini, Anda harus memiliki kebiasaan tidur yang baik. Anda harus memastikan untuk tidur selama 7 sampai 8 jam setiap malam dan sebelum tidur, hindarilah kafein dan minuman beralkohol.

> Gusi berdarah

Dalam sebuah penelitian di Brasil, ditemukan bahwa resiko yang lebih tinggi terhadap penyakit periodontaldimiliki oleh orang yang stress. Sistem kekebalan tubuh akan terganggu ketika hormone stress meningkat sehingga memungkinkan bakteri untuk menyerang gusi. Oleh karena itu jagalah kebersihan mulut Anda dan rajinlah menggosok gigi.

> Jerawat yang bermunculan

Jerawat dapat muncul ketika Anda stress karena stress dapat meningkatkan peradangan. Untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, Anda dapat menggunakan lotion yang mengandung asam salisilat atau benzoyl peroxide, agar kulit Anda juga tidak terlalu kering, Anda juga dapat menggunakan pelembab noncomedogenic.

> Rasa gatal pada kulit

Dalam sebuah penelitian di Jepang ditemukan bahwa resiko untuk menderita priritus atau gatal kronis dua kali lebih besar pada orang yang mengalami stress.

Penyakit kulit seperti dermatitis dan eksim psoriasis dapat diperburuk ketika Anda memiliki perasaan cemas atau tegang. Serabut saraf yang menyebabkan sensasi gatal diaktifkan oleh hormon stress.

> Semakin parahnya alergi

Dalam penelitian yang di Ohio State University College of Medicine pada tahun 2008 ditemukan bahwa bahwa gejala alergi yang lebih serius akan ditunjukkan oleh penderita alergi yang sedang stress.

Protein darah yang dapat menimbulkan reaksi pada alergi, yaitu IgE, dapat dirangsang oleh hormon stress.

> Mengalami sakit pada perut

Sakit perut yang disertai dengan sakit punggung, sakit kepala dan insomnia dapat disebabkan oleh kecemasan dan stress.

 

( Sumber )

 

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Berita Terkini

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook