Borneo Adventure
Barcode Scanner

Waspada! Kelelahan Bekerja Sebabkan Penyakit Jantung

Kelelahan bekerja seperti terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bekerja tanpa istirahat yang cukup tak hanya buruk untuk mental, tetapi juga untuk kesehatan fisik. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine menunjukkan adanya kaitan antara penyakit jantung koroner dengan kelelahan bekerja. Jantung koroner diketahui sebagai faktor risiko terbesar yang menyebabkan serangan jantung.

Kelelahan Bekerja Sebabkan Penyakit Jantung

Kelelahan Bekerja Sebabkan Penyakit Jantung

Penelitian ini didasarkan pada analisis terhadap 8.838 karyawan pria dan wanita berusia antara 19 – 67 tahun. Partisipan dalam penelitian ini menjalani tes kesehatan dan diamati selama 3,4 tahun oleh peneliti di Tel Aviv University, seperti dilansir oleh Huffington Post(13/03).

Pada akhir masa penelitian, peneliti berhasil mengidentifikasikan 93 orang yang telah memiliki penyakit jantung koroner. Setelah menghitung semua faktor risiko lain seperti merokok, usia, dan sejarah keluarga, peneliti menemukan bahwa karyawan yang mengalami kelelahan dalam pekerjaan memiliki risiko penyakit jantung 40 persen lebih tinggi.

Sementara itu, orang yang memiliki nilai paling tinggi dalam skala kelelahan akibat kerja, yaitu 20 poin, memiliki risiko jantung koroner paling tinggi yaitu 79 persen. Peneliti berharap melalui penelitian ini, perusahaan akan memberikan perhatian pada karyawan agar tak sampai kelelahan dalam bekerja.

Sebelumnya, peneliti di Tel Aviv University juga menemukan adanya kaitan kelelahan saat bekerja dengan peningkatan risiko diabetes tipe-2. Karyawan yang mengalami kelelahan bekerja memiliki risiko diabetes tipe-2 84 persen lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan yang tidak kelelahan.

 

( Sumber )

 

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Kesehatan

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook