Borneo Adventure
Barcode Scanner

Tips Sukses Unas Ala Gus Ipul

Wakil Gubernur Jatim Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) berharap pelaksanaan Unas (Ujian Nasional) berjalan sukses. Untuk itu ia meminta agar para kepala daerah benar-benar memantau pelaksanaan ujian yang akan dimulai Senin ini.

Gus Ipul menyebut, ukuran sukses Unas itu ada dua. Yakni secara kuantitas dan kualitas. Secara kuantitas, kesuksesan Unas diukur dari persentase jumlah siswa yang lulus. Sedangkan secara kualitas, kesuksesan Unas diukur dari proses pelaksanaannya. Semisal, sejauhmana Unas berjalan jujur tanpa ada aksi mencontek dan pembocoran jawaban.

Drs. H. Saifullah Yusuf  ( Gus Ipul )  Wakil Gubernur Jawa Timur

Drs. H. Saifullah Yusuf ( Gus Ipul ) Wakil Gubernur Jawa Timur

“Sekarang ini sudah waktunya kita melihat kesuksesan Unas dari sisi kualitas. Makanya saya ingin mengajak semua pihak termasuk kepala daerah agar mengawasi Unas ini supaya benar-benar berjalan jujur,” kata Gus Ipul usai menghadiri Harlah Muslimat NU ke-67 di Pesantren Darul Ulum Rejoso, Minggu (14/4/2013).

Gus Ipul melanjutkan, kejujuran merupakan faktor penting bagi para siswa untuk melangkah ke jenjang-jenjang selanjutnya. Nilai baik, katanya, kalau didapat dari upaya tidak jujur, maka tak ada gunanya. Sebaliknya, meski nilainya jelek, tapi bila didapat dengan jujur, hal itu bisa memberikan hikmah positif dikemudian hari.

“Juga jangan percaya dengan bocoran-bocoran jawaban yang beredar. Entah itu lewat SMS atau apapun. Sebab itu pasti tidak benar dan justru membuat kita menyesal karena tak percaya pada diri sendiri. Para guru juga  tak perlu ngotot memberi contekan pada siswa,” ujar mantan Ketua Umum GP Ansor, ini.

Terakhir, dia berharap para peserta tidak terlalu panik menghadapi Unas. Karena itu justru bisa merugikan diri sendiri. “Laksanakan Unas dengan gembira, enjoy dan senang hati. Tak perlu gaduh dan panik berlebihan hingga mandi kembang tengah malam dan lain-lain,” pungkasnya. [suf/kun]

 

( Sumber )

 

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Berita Terkini

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook