Borneo Adventure
Barcode Scanner

Warning! Jangan Pernah Klik Gambar Orang Termakan Hiu di Facebook!

Dunia internet saat ini memang sangat menjulang, apalagi dengan jejaring sosial yang bernama facebook. Siapa sih yang tidak kenal dengan facebook, hampir semua orang di dunia ini mempunyai facebook mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Namun hati – hati dalam menggunakan facebook, karena tak sedikit orang yang sudah dirugiakan oleh facebook seperti yang Dikutip dari Softpedia (4/1), biasanya dikemas dengan menarik dengan posting bertuliskan “[Exclusive] Shark eats the swimming man in an Ocean!!”

Jika Anda melihat gambar orang yang termakan hiu dengan background laut di salah satu posting Facebook, hati-hati dan jangan sampai diklik. Sebab itu adalah scam yang mencoba mengelabui para pengguna Facebook.

Dari sumber tersebut dikatakan bahwa link yang menyertai pesan tersebut sama sekali tidak merujuk ke video. Sebaliknya Anda akan diarahkan ke sebuah laman lain.

Saat Anda me-klik tulisan ‘play’ pada video tersebut, Anda akan diperintahkan untuk melewati pemeriksaan keamanan sebelum mengakses konten. Pemeriksaan keamanan tersebut berupa survei yang harus Anda selesaikan. Bahkan untuk membuatnya semakin menarik, Anda dijanjikan hadiah jika menyelesaikan survei.

Pada kenyataannya, tidak ada video, apalagi hadiah. Justru scam semacam ini membuat mereka untung berupa uang setelah Anda selesai melakukan survei. Tak hanya itu, Anda mungkin juga akan tertipu dengan memberikan nomor ponsel. Sebenarnya itu adalah Anda dipaksa untuk berlangganan layanan mobile premium.

Untuk itu, berhati-hatilah dengan segala jenis penipuan. Apabila Anda menemukan posting tersebut di Facebook, segera laporkan sebagai spam. Cara terbaik untuk terhindari dari hal tersebut adalah tidak sembarangan klik jika ada konten yang mencurigakan, bahkan jika itu diberikan oleh teman Anda.

Apabila Anda sudah terlanjur me-klik konten tersebut, jangan melanjutkan klik untuk kedua kalinya saat diminta untuk memberikan informasi atau menyelesaikan berbagai survei. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Berita Terkini

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook