Borneo Adventure
Barcode Scanner

Sindrom Manusia Serigala ini Mendapat Guinness Book of Records

Seorang gadis kelahiran 5 Agustus 2000 bernama Supatra Sasuphan dari Thailand ini harus menerima cacian dan hinaan dari lingkungan sekitarnya, Sebab Supatra lahir dengan tubuh yang dipenuhi bulu sperti serigala. Selama 14 tahun Supatra menjalani aktivitas seperti anak – anak yang sama seusianya. Namun tak sedikit orang maupun teman sebaya yang menjahuinya, Mungkin mereka merasa risih dengan kondisi Supatra saat ini.

supatra1

Supatra menderita Hipertrikosis (juga disebut sebagai Ambras Syndrome), yang merupakan kondisi pertumbuhan rambut berlebihan wajah gadis itu kini ditutupi dengan rambut, yang mengharuskan ibunya untuk sering memotong rambutnya dengan sepasang gunting.


supatra3
Namun, mahasiswa brilian ini yang bekerja sangat keras di sekolah, mengatakan ia ingin menjadi seorang dokter saat ia besar nanti “untuk membantu dan menyembuhkan orang.”

supatra4  supatra5

Dia menunjukkan keberanian besar, meskipun penyakitnya bukan penyakit biasa ia tak pernah putus asa, Tanpa diduga Supatra mendapatkan Rekor Dunia  Guinness Book of Records dan hal ini lah yang membuat dia menjadi besar semua lingkungan baik rumah maupun sekolahnya sudah tidak pernah menghina Supatra lagi, Mungkin mereka sadar bahwa wujud yang tidak sempurna bukanlah hambatan untuk melakukan hal yang besar.

supatra6

Lalu sebenarnya apa sebenarnya yang dialami olehnya?
Apakah dia adalah Werewolf ?
Atau mungkin dia adalah anak dari Genderuwo ?

Penjelasan

Fenomena ini sebetulnya sudah dapat dijelaskan secara ilmiah,dan disebut sebagai Hypertrichosis(juga disebut Sindrom Ambras atau Sindrom Manusia Serigala).

Singkatnya Hypertrichosis adalah Jumlah pertumbuhan rambut di tubuh secara tidak normal.

Hypertrichosis terbagi menjadi 2 yaitu:

1.Hypertrichosis Umum

Hypertrichosis Umum adalah kelainan pertumbuhan rambut yang terjadi di seluruh tubuh.

2.Hypertrichosis Lokal

Hypertrichosis Lokal adalah kelainan pertumbuhan rambut yang hanya terjadi di bagian tubuh tertentu.

Kelebihan pertumbuhan rambut terjadi pada area kulit dengan pengecualian (maaf) Rambut daerah Kemaluan,dan Daerah Aksila

Hypertrichosis dapat diklasifikasikan menjadi 2 : berupa Bawaan (ada sejak lahir) atau diperoleh setelah kelahiran.

1.Bawaan (Faktor Genetik)

X Linked male dominant traits     X Linked female recessive traits

 

 

 

 

 

 

 

disebabkan oleh mutasi genetik, dan sangat langka, gambar pola pewarisan dengan seks terkait bentuk hipertikosis,Kanan (Laki Laki) Kiri (Perempuan)

 

2.Diperoleh Setelah Kelahiran

Hipertrikosis jenis ini muncul setelah lahir,Terjadi karena beberapa penyebab termasuk efek samping obat, asosiasi dengan kanker, dan mungkin adanya gangguan makanan,Bentuk ini biasanya dapat dikurangi dengan berbagai perawatan.

Hypertrichosis terjadi karena :
1.Adanya mutasi pada kromosom 8q
2.Perubahan Genetik pada kromosom 17 menyebabkan penambahan atau pengurangan jutaan nukleotida
3.Diturunkan lewat kromosom x24-q27.1.

Kasus Hipertrikosis yang tercatat pertama kali adalah Gonsalvus Petrus dari Kepulauan Canary. Hal ini didokumentasikan oleh Altrovandus di akhir abad 15 dan diterbitkan dalam bukunya Historia teks Montrorum cum Paralipomenis Historiae omnium animalium diterbitkan pada tahun 1642, dua anak perempuan, anak, dan cucu dalam keluarga Gonzalvus semua mengalami hipertrikosis

 supatra2
Kesimpulan
Kita bisa belajar banyak dari kehidupan para penderita Hypertrichosis salah satunya adalah Supatra Sasuphan yang harus menghadapi cercaan dan hinaan dari teman-temannya dan rang di sekelilingnya dari mulai menyebutnya sebagai Manusia Serigala sampai Monyet ,namun dia tetap tegar menjalani hidupnya dan kini bisa hidup seperti layaknya manusia normal lainnya.karena dia percaya ada rencana indah dari tuhan yang dipersiapkan untuknya

 

 

 

 

Artikel Menarik Lain:

Filed Under: FeaturedRuang Berita Terkini

Tags:

Toko Barcode

Comment using your Facebook